Langsung ke konten utama

FACEBOOK GROUP DISCUSSION : INNOVATIONS OR NOT? (SURVEY)

( Artikel ini dibuat oleh Zalika Zakia dengan NIM 1215153335 )


A. PENDAHULUAN


1. LATAR BELAKANG



          Saat ini, perubahan terjadi secara terus menerus dengan cepat dan tanpa belas kasihan pada mereka yang tidak mampu berjalan sejajar dengan perubahan tersebut. Begitu pula perubahan penciptaan ide baru yang dianggap dapat membantu meringankan pekerjaan umat manusia yang biasa disebut dengan Inovasi. Sesungguhnya, apa pengertian dari inovasi itu sendiri? E. Rogers mendefinisikan bahwa inovasi adalah satu ide, gagasan, praktek, objek, atau benda yang disadari dan diterima sebagai hal baru bagi individu atau kelompok untuk diadopsi. Sedangkan Reigeluth menyatakan bahwa Inovasi merupakan suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah sebuah gagasan baru yang menyeluruh dan berkelanjutan.
           Namun, inovasi yang ada saat ini biasanya bersifat subjektif. Ada yang menganggap hal itu sebuah inovasi, ada juga yang menganggap hal tersebut tidak termasuk inovasi. Apa yang menyebabkan perbedaan pendapat ini? Yang menyebabkan perbedaan pendapat ini adalah field of experience masing-masing individu atau kelompok yang berbeda satu dengan yang lainnya.
           Untuk itulah, penulis kini akan berusaha menganalisis suatu inovasi yang berupa Forum Grup Diskusi Facebook yang telah digunakan untuk pembelajaran mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan oleh mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan UNJ


2. PERTANYAAN SURVEI
“Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini? Jawablah “YES” , “NO” , atau “YES AND NO” dengan alasan yang mengacu pada teori Rogers dan Reigeluth.” 

3. TUJUAN SURVEI
a. Untuk mengetahui tingkat keinovatifan grup forum grup diskusi facebook pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
b. Untuk mengetahui tingkat keaktifan anggota forum grup diskusi facebook.
c. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan ketajaman anggota forum grup diskusi facebook untuk mampu menganalisis materi yang diberikan.

4. MANFAAT SURVEI
a. Sebagai bahan evaluasi pengajar akan program pembelajaran yang tengah dijalankan.
b. Sebagai salah satu bahan pertimbangan pengajar untuk mengevaluasi hasil belajar mahasiswa.
c. Untuk melatih tingkat keinovatifan mahasiswa dalam menganalisis suatu masalah yang ada.


5. RESPONDEN SURVEI
Mahasiswa Kelas B angkatan 2015 Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan


B. HASIL SURVEI 



JUMLAH MAHASISWA : 39 Orang
1. Perhitungan Data Mahasiswa yang Sudah dan Belum Menjawab








2. Perhitungan Data Mahasiswa yang Menjawab “YES” , “NO” atau “YES AND NO”








3.  Perhitungan Data Mahasiswa Berdasarkan Jawaban “YES” , “NO” , “YES AND NO” Beserta Kategorisasi Alasan yang Diberikan.








C. PEMBAHASAN



        Dapat dilihat dari hasil survei diatas bahwa ada 3 kesimpulan yang dapat diambil. Yang pertama adalah jumlah mahasiswa (anggota grup) yang menjawab dan menanggapi forum diskusi ini. Dapat dilihat bahwa terdapat 20 orang yang menyadari pentingnya menjawab dan menanggapi forum diskusi grup ini. Sedangkan 19 lainnya tidak menjawab ataupun menanggapi. Faktor apakah yang kira-kira membuat 19 orang ini tidak menjawab diskusi ini? Faktor pertama adalah tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk mengakses internet. Sedangkan faktor yang kedua adalah kurangnya kesadaran si mahasiswa akan pentingnya forum grup diskusi ini.
           Kesimpulan kedua yang dapat diambil adalah bahwa ada 2 orang yang mengatakan bahwa YA, forum grup diskusi facebook ini adalah sebuah inovasi sebuah inovasi yang baru dan memiliki sifat menyeluruh dan berkelnjutan. Kemudian, ada 1 orang yang mengatakan TIDAK, forum grup diskusi ini bukanlah inovasi dan tidak memiliki sifat menyeluruh dan juga berkelanjutan. 17 sisanya mengatakan YA, forum grup diskusi facebook ini termasuk dari inovasi. Namun, TIDAK, forum grup diskusi ini tidak memiliki sifat menyeluruh ataupun berkelanjutan. Dikarenakan, forum grup diskusi facebook ini hanya akan digunakan hingga berakhirnya mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan ini.
           Mengapa terdapat 3 perbedaan pendapat? Karena setiap individu, satu dengan yang lainnya, memiliki pengalaman yang berbeda-beda sehingga menyebabkan inidividu-inidividu tersebut pun juga memiliki asumsi yang berbeda dalam memahami suatu masalah. Faktor lainnya adalah karena perbedaan tingkat pemahaman individu  akan suatu materi yang disajikan.


D. KESIMPULAN

         Dari pembahasan yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa dikarenakan inovasi bersifat subjektif, maka suatu inovasi dapat dikatakan sebagai inovasi bergantung dari sudut pandang orang yang menggunakan inovasi tersebut. Hal ini disebabkan perbedaan pengalaman setiap individu yang pada akhir menyebabkan perbedaan asumsi dalam pendapat apakah suatu ide atau gagasan tersebut adalah suatu inovasi atau bukan. Selanjutnya, terdapat syarat inovasi yang juga membatasi apakah suatu ide atau gagasan tersebut memenuhi syarat-syarat tersebut untuk dapat dikatakan sebagai inovasi.
           Kemudian, dari forum grup diskusi facebook ini dapat dilihat seberapa jauh pemahaman mahasiswa mengenai materi yang disajikan oleh pengajar/dosen dan juga seberapa tajam kemampuan mahasiswa untuk menganalisis masalah yang diberikan. Hal-hal tadi dapat dijadikan bahan pertimbangan evaluasi untuk nilai akhir mahasiswa dan dapat dijadikan bahan perbaikan untuk pembelajaran di semester mendatang.

Komentar